*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Rabu, 29 Januari 2014

cara memilih bidang usaha

Memilih bidang usaha yang tepat bisa sangat membingungkan dan menyita waktu, tenaga serta pikiran. Dinamisnya perkembangan dunia bisnis dewasa ini membuat banyaknya bermunculan bidang-bidang usaha baru. Hal tersebut tak pelak bisa membuat kita bingung saat akan memulai berwirausaha, mana dan bidang usaha apa yang cocok dan prospektif untuk kita tekuni ? Sebenarnya ada beberapa prinsip dasar yang bisa membantu kita dalam memilih bidang usaha untuk ditekuni. Kita bisa menggolongkannya ke dalam 2 kelompok prinsip dasar yaitu inside dan outside.

1. Prinsip dasar inside berhubungan langsung dengan kita sebagai pelaku usaha, diantaranya:
*Passion atau minat*
Wirausaha adalah sebuah kegiatan yang berkelanjutan dan kontinue. Kita tidak bisa berwirausaha hanya sesaat kemudian berhenti. Keberhasilan selalu berdampingan dengan ketekunan, tidak ada usaha yang tiba-tiba menjadi besar. Oleh sebab itu hendaknya kita memilih bidang usaha yang berhubungan dengan passion atau minat kita. Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat kita tidak akan membuat kita merasa jenuh, dan ini sangat baik ketika kita berwirausaha. Disamping itu menjalankan usaha yang sesuai dengan minat akan lebih memperbesar prosentase keberhasilan usaha yang kita tekuni, sebab kita akan sangat bergairah dan bahagia saat harus menjalani kegiatan usaha seperti melayani konsumen, memanage karyawan dan sebagainya.

*Kapabilitas atau kemampuan*
Baik dan tidaknya perjalanan usaha kita akan sangat ditentukan oleh kemampuan kita menjalankan bidang usaha yang kita pilih. Oleh karena itu hendaknya pilih bidang usaha yang kita memang ada kemampuan untuk menjalankannya. Meski kemampuan ini bisa kita upgrade atau tingkatkan dengan belajar, namun alangkah lebih baik jika kita memulai usaha dengan sesuatu yang kita memang sudah memiliki kemampuan untuk bidang tersebut.

2. Prinsip dasar outside berkenaan dengan kondisi pasar. Adakah pasar yang sesuai dengan bidang usaha yang kita pilih ? Jika ada bagaimana perkembangannya saat ini dan prospek ke depannya? Itu adalah beberapa aspek yang menjadi bahan pertimbangan kita dalam menerapkan prinsip dasar outside.
Sekarang dengan bantuan teknologi internet kita bisa memasarkan produk apa saja kapanpun dan dari tempat manapun. Sebab internet memiliki fleksibilitas tinggi untuk menghubungkan kita dengan orang-orang yang tepat dan sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Itulah beberapa prinsip dasar yang bisa membantu kita dalam menentukan bidang usaha yang kita pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar